RICI SOLIHIN: "Saya Belajar Membuat Paprika Berkualitas Bagus"


RICI Solihin, pemuda asal Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, tidak menyangka dari hobinya bermain game online Farmville menjadikannya sebagai petani.

Rici yang merupakan jebolan jurusan Manajemen Universitas Padjajaran ini berbeda dari sarjana lain yang ingin kerja kantoran, pemuda 29 tahun ini lebih memilih untuk "pulang kampung" dan mengembangkan potensi tempat orang tuanya membesarkannya.

"Saya dulu hobi bermain game online yang bertani seperti Farmville, Harvestmoon, dan lain-lain. Ibu saya bilang daripada bertani di game mending bertani langsung karena pasti lebih menghasilkan. Mulai dari situ saya mencoba untuk bertani paprika yang menjadi potensi di daerah saya," kata Rici di Jakarta, akhir April lalu.

Berkat usahanya bercocok tanam paprika yang diberi nama Paprici ini, ia berhasil dinobatkan sebagai Microentrepreneur of the Year (pengusaha terbaik) di ajang Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2018-2019 yang diselenggarakan oleh Citi Indonesia (Citibank), April lalu. Rici awalnya minim pengetahuan tentang komoditas paprika dan cara pemasarannya. Awalnya ia hanya mencoba-coba saja bertani paprika. Akibatnya di awal-awal usaha, kualitas Paprika yang dihasilkannya grade-nya rendah sehingga ditawar sangat rendah oleh para tengkulak.

"Dari pengalaman itu saya belajar bagaimana membuat paprika yang kualitasnya baik dan Alhamdulillah saya mendapat beasiswa ke Filipina, pelatihan di Jepang, dan minggu depan saya dapat beasiswa ke Belanda. Berangsur-angsur saya dan para petani paprika lain bisa membuat paprika berkualitas bagus sehingga harga jualnya pun bagus," ujarnya.

Ia mengaku kesulitan yang kerap dihadapinya adalah pengairan.

"Beberapa waktu lalu di daerah saya kesulitan air karena kekeringan. Jadi saya dan teman-teman membuat sumur untuk menampung air. Jadi jika hujan maka akan ditampung dan dialiri ke tempat kami menanam paprika," ujarnya.

Rici senang dan bangga bisa mengikuti ajang ini, bukan hanya terpilih menjadi salah satu yang terbaik dari ratusan kontestan, ia pun mengaku bisa mendapatkan teman dan jaringan yang lebih luas yang bisa mengembangkan usahanya.

Di ajang Citi Microentrepreneurship Awards 2018-2019 ini, Rici mengaku sangat terbantu karena bisa bertemu para mentor berpengalaman sekaligus mendapatkan pengetahuan tentang berbagai hal baru yang bermanfaat bagi bisnis yang dijalani.

Ia pun sedang mengembangkan produksinya, tidak hanya menjual paprika segar tapi juga ada beberapa produk lain seperti paprika bubuk dan cheese stick paprika. (tribunnews)



Sumber: Tribun Jabar, 29 Juni 2019

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

HUTAN ADAT: Merawat Tembawang, Merawat Kehidupan

Masih Ada yang Tertinggal